Perbedaan Method GET dan POST


Share on :
Sedikit membahas tentang Perbedaan Method GET dan POST dalam sebuah pembuatan web ataupun aplikasi web. Setidaknya kita mengetahui apa itu web dan tidak sedikit dari kita bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan method GET dan POST, karena secara nampak luar hanya sebuah method pengiriman data dari variabel.

Perbedaan Method GET dan POST tidak hanya berpengaruh dalam pengiriman data tapi juga nampaknya berpengaruh pula pada sisi keamanan ( akan dibahas lain kali ). Pentingnya mengetahui perbedaan method GET dan POST adalah agar kita mengetahui kapan kita akan menggunakan method GET dan kapan pula menggunakan method POST.

Perbedaan Method GET dan POST

Perbedaan yang sangat jelas adalah pada saat pengiriman :

Method GET

Nama dan nilai variabel akan ditampilkan di address URL browser. Method GET lebih cocok untung pengiriman variabel argument yang panjang, serta tidak membutuhkan keamanan lebih.

Pengambilan variabel serta nilai dari Method GET terdapat di URL sehingga kita bisa menggunakan method ini untuk mengiriman variabel tanpa harus membuat tombol ataupun input text, namun tentunya kitapun harus memperhatikan dari segi keamanan pula dan di address hanya boleh maksimal 256 karakter.

Berikut ini adalah contoh gambar dari penggunaan Method GET,

Perbedaan Method GET dan POST

 

Method POST

Apabila Method GET variabel dan nilai terlihat di Address URL Browser maka Method POST tidak dan Method POST lebih cocok untuk pengiriman variabel yang membutuhkan pengamanan, misalnya halaman login ataupun halaman yang restrict ataupun perlu pengamanan lebih ( walaupun tidak ada sistem 100% secure ).

Kali ini saya tidak hanya menekankan apa itu perbedaan Method GET dan POST tapi lebih dari itu saya berharap agar pembaca bisa memahami kapan kita menggunakan method GET dan POST setelah mengetahui perbedaan Method GET dan POST.

Dari sisi keamanan dari Method GET dan POST, kedepannya saya akan membuat artikel post tentang keamanan dalam penggunaan Method GET dan POST. Sekian untuk artikel tentang Perbedaan Method GET dan POST.

Dan berikut ini adalah link referensi yang bisa saja berikan untuk anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Perbedaan Method GET dan POST.
http://dollyaswin.net/blog/perbedaan_get_dan_post_pada_http
http://adeisti.blogspot.com/2008/07/perbedaan-method-get-dan-post-pada-tag.html
http://www.ilmuwebsite.com/belajar-php/penggunaan-post-dan-get


on , ,

No comments

Leave a Reply