Perbedaan Open Office Writer Dengan Ms. Word


Share on :
Kali ini si Galau akan sharing tentang "Perbedaan Open Office Writer Dengan Ms. Word". Ini adalah postingan / artikel yang menceritakan pengalaman saya menggunakan Open Office Writer serta mencari Perbedaan Open Office Write Dengan Ms. Office. Sebenenarnya sudah nampak dari nama saja sudah beda jauh yang satu Open Office Writer dan satunya Ms. Word atau bisa kita sebut juga Microsoft Word namun keduanya memiliki kesamaan yaitu sebagai aplikasi pengolah teks.

Perbedaan Open Office Writer Dengan Ms. Word
Ini adalah kesekian kalinya tugas dari dosen kampus yang mewajibkan saya membuat artikel di blog dengan tema "Bedanya Open Office Writer Dengan Ms. Word" dan setelah saya cek di google ternyata saya kurang cocok dengan apabila menggunakan judul "Bedanya Open Office Writer Dengan Ms. Word" dikarenakan persaingan SEO dan menurut saya kata Bedanya tidaklah terlalu baku apabila dibandingkan dengan Perbedaan dan inilah alasan saya memilih judul "Perbedaan Open Office Writer Dengan Ms. Word".




Apa itu Open Office Writer ?

Sebelumnya pernah dijelaskan di postingan artikel sebelumnya tentang "Open Office Linux". Secara singkat tentang apa itu Open Office Write adalah aplikasi yang membantu penulisan segala macam dokumen. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalkan (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen.

Apa itu Ms. Word ?

Ini adalah sebuah aplikasi yang berlicensi berbayar yang dikeluarkan oleh Microsoft dan kegunaanya tidak jauh beda dengan Open Office Write namun memiliki perbedaan tentunya sehingga tidak salah saya membuat artikel tentang perbedaan Open Office Write dengan Ms. Office dan untuk lebih lengkapnya tentang apa itu Ms. Office bisa mengunjungi Wikipedia atau klik disini.

Langsung saja karena mungkin seseorang disana semakin bingung dengan artikel saya yang berjudul perbedaan Open Office Write dengan Ms. Word namun hanya menjelaskan yang lain.

Perbedaan Open Office Writer Dengan Ms. Word

Ini adalah pengalaman saya sewaktu menggunakan Open Office Write untuk mengerjakan tugas dan dari sini saya mengetahui perbedaan Open Office Writer dengan Ms. Office dan tentunya saya mengerti ini semua juga dari berbagai sumber serta pengalaman sendiri.
Perbedaan yang lainnya adalah ditata letak menu ( artikel dari luar yang saya jadikan bahan belajar sewaktu mengerjakan tugas ).

Perbedaan Menu Open Office Writer Dengan Ms. Word


SETTING UP
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Writer
Mengatur jendela Dokumen (ruler, status bar, toolbar, dll) View → Pilih kebutuhan jendela dokumen View → Pilih kebutuhan jendela dokumen
Mengubah Toolbar Tools → Costumize View → Toolbar → Costumize
Selalu membuat Backup Copy Tools → Costumize → Options Tools → Options → Load/Save → General
Autosave setiap beberapa menit Tools → Costumize → Options Tools → Options → Load/Save → General
Tampilkan tanda paragraf, tabulasi, dll Tools → Options → View Tools → Options → Open Office.org Writer → Formating Aids
Mengatur Autocorrect dan Autoformat Tools → Autocorrect Tools → Autocorrect

MENULIS, MENGEDIT DAN REVIEW
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Writer
Pindah ke halaman tertentu secara cepat Edit → Go To Edit → Navigator
Memilih Bahasa untuk cek pengejaan Tools → Language → Set Languange Tools → Options → Language Settings → Language (Open Office tidak memiliki pengecekan tata bahasa/gramar)
Menemukan dan Mengubah teks, format dan bentuk Edit → Replace Edit → Find & Replace
Mengamankan dokumen agar tidak bisa diedit Tools → Protect Document Edit → Changes → Protect Records
Menggabungkan Dokumen Tools → Merge Documents Edit → Changes → Merge Document
Mendapatkan Jumlah Kalimat Tools → Word Count Tools → Word Count

MENGATUR LAYOUT HALAMAN
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Writer
Menentukan margin File → Page Setup → Margins Format → Page → Page
Mengedit Header dan Footer View → Header and Footers Insert → Header
Insert → Footer
Menggunakan kolom
Format → Page → Column
atau
Insert → Sections → Column
Menggunakan Tabel Table → Insert → Table Insert → Table
Menambah nomor halaman Insert → Page Number
  1. Insert → Footer → Default
  2. Letakkan kursor pada footer sesuai dengan posisi page number (left, center, right) yang diinginkan, lalu :
Insert → Field → Page Number
Mengubah nomor halaman pertama menjadi lebih dari 1 Insert → Page Number → Format
  1. Letakkan kursor pada sembarang paragraf di halaman pertama
  2. Klik Kanan → Edit Paragraph Style → Text Flow → Break → Insert → With Page Style → Page Number


Banyak pengalaman yang saya dapatkan saat mempelajar perbedaan Open Office Write dengan Ms. Word ini mulai dari membuat wordart, paragraf, pembuatan tabel dan lainnya dan semuanya saya pelajari dari Google dan mencoba serta mencari tahu sendiri dan ini tidaklah mudah karena harus menghabiskan waktu lama karena saya adalah user yang lebih familiar dengan Ms. Word sehingga apabila menggunakan Open Office Writer tentu ini suatu tantangan tersendiri ketika harus mempelajari dari awal lagi tapi setidaknya saya sudah memiliki skill dan pengatahuan di Ms. Word sehingga kesulitannya adalah di penempatan menu dan lainnya yang sudah saya temukan lewat Google.

http://www.nanaz.net/pages/blog.php?idblog=52
http://documentation.openoffice.org/id/manuals/
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/OpenOffice_vs._MSOffice
http://ardigalau.blogspot.com/2011/11/open-office-linux.html


on , ,

1 comment

1 comment

Leave a Reply