Algoritma Pertemuan 1


Share on :
Algoritma pertemuan 1 menjelaskan tentang sejarah Algoritma,  konsep Algoritma dan program dan beberapa materi lainnya seputar Algoritma. Mempelajari Algoritma adalah suatu cara untuk dapat memepelajari serta menganalisis ataupun menemukan penyelesaian dari masalah yang didapat. Semua tentang sejarah Algoritma akan di bahas di Algoritma Pertemuan 1.


1.1. Sejarah Algoritma
Ditinjau dari asal usul katanya kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan Algorist jika anda menghitung menggunakan Angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction).

Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering dikelirukan dengan Arithmetic, sehingga akhiran sm berubah menjadi thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam Bahasa Indonesia, kata Algorithm diserap menjadi Algoritma.

1.2. Konsep Algoritma dan Program
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis pemecahan masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Logis merupakan kata kunci yang berarti katakata yang ditulis harus mempunyai nilai kebenaran yang dapat digunakan untuk menentukan keputusan benar (true) atau keputusan salah (false).

Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan.

Untuk artikel lengkapnya dapat download disini atau klik disini.

on

No comments

Leave a Reply