Open Office Linux


Share on :
OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.
OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010. Kode sumber dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.
Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai "OpenOffice", tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil "OpenOffice.org" sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.


Fitur Unggulan


Komponen Aplikasi


Open Office Linux

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca disini beberapa ulasan tentang aplikasi yang terdapat di Open Office yang bisa Ardi Galau Blog sampaikan.

Open Office Writer

Membantu penulisan segala macam dokumen. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalkan (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. Kita juga dapat menggunakan fasilitas autoCorrect yang dapat membetulkan kesalahan secara otomatis. OpenOffice menyediakan fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan,sehingga mempermudah penjelajahan dokumen yang sangat panjang.
OpenOffice Writer menyediakan banyak templete untuk berbagai tujuan, sehingga dapat mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Kita juga dapat membuat templete sediri apabila jenis templete untuk dokumen yang ingin kita buat belum ada, atau kita juga bisa memodifikasi templete yang sudah ada.

Open Office Calc
.
Ada juga yang menyebutkan Open Office Calc dengan sebutan Spreadsheet adalah salah satu aplikasi perkantoran yang digunakan untuk melakukan pengolahan data berupa angka-angka untuk menjadi satu informasi berupa hasil pengolahan tersebut.
Fungsi dari spreadsheet ini hampir sama dengan aplikasi spreadsheet yang sudah terlebih dahulu terkenal yaitu MICROSOFT EXCEL. Semua fungsi, cara melakukan pembuatan tabel dan formula perhitungan sama persis dengan Excel. JAdi bagi yang sudah mengenal dan menguasai program Excel tidak akan masalah apabila ingin migrasi ke Open Office Calc / Spreadsheet.
Keuntungan dari aplikasi ini adalah dimana lisensi yang diberikan adalah Free karena termasuk GPL (General Public Lisense). Dan kita bisa menjadi salah satu pihak yang mengenalkan aplikasi ini atau ikut dalam project yang dikembangkan situs Open Office.org dengan cara meregisterkan Open Office kita ke situs mereka.



Open Office Impress / Presentation

Adalah suatu aplikasi yang bersifat open source dan multiplatform. Berarti kita juga dapat mendownload aplikasi ini secara gratis melalui internet. Dan dapat menjalankannya di berbagai system operasi.
Sebagai aplikasi presentasi, Open Office Impress memiliki hampir semua fitur dan kemampuan yang diinginkan dari sebuah aplikasi presentasi. Open Office Impress juga memiliki jendela yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu-menu yang dapat bekerja dengan mudah.
Fitur dan kemampuan yang dimiliki Open Office Impress adalah :

1. Dapat membuat presentasi yang dilengkapi dengan multimedia
2. Kemampuan untuk menambahkan animasi dan efek khusus ke slide presentasi
3. Mempunyai tool-tool gambar yang dapat membuat gambar dengan dampak tampilan khusus
4. Kemampuan untuk membuat presentasi dalam bentuk gambar, outline, slide, note dan handout sehingga kebutuhan pendengar dapat dipenuhi
5. Menyimpan dokumen dalam format XML
6. Dapat menambahkan Flash (.swf) di presentasi

Open Office Base

Open office Base atau dikenal dengan sebutan BASE saja adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini.

Mengenal Lingkungan Base
Pada jendela desain wizzard ada dua sub menu utama yang merupakan langkah-langkah untuk menyeleksi basis data, memproses dan menyimpan basis data. Jika memilih untuk menyeleksi basis data, maka dapat dilakukan tiga hal, yakni :
- membuat sebuah basis data yang baru
- membuka sebuah basis data yang lama
- koneksi pada sebuah basis data terpusat

Selain itu jendela desain wizzard juga memiliki fasilitas bantuan dengan menekan tombol Help. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dengan menekan tombol Next. Untuk membatalkan tekan tombol Cancel. Untuk proses penyelesaian tekan tombol Finish.

Mengenal Basis Data Base
Basis data dibangun dari sekumpulan tabel-tabel yang mempunyai relasi. Tabel terdiri dari beberapa record yang disimpan pada file basis data yang bersangkutan. Isi data pada record ditentukan berdasarkan data structure language (DSL) dan data definition language (DDL). Definisi field pada record pada umumnya berupa definisi struktur field dan definisi data field.

Mengenal Field
Field adalah tempat yang disediakan untuk record basis data. Field itu didefinisikan terlebih dahulu struktur datanya menggunakan data definition language dan data structure language.

Mengenal Record
Record adalah data yang disimpan pada file basis data. Kumpulan record membentuk tabel basis data. Tabel merupakan kumpulan record yang disimpan pada suatu file basis data.

Mengenal Tabel
Tabel merupakan kumpulan record yang disimpan pada suatu file tabel basis data. Tabel-tabel memiliki hubungan relasi berdasarkan matematika dan logika. Tabel beserta Query nya disimpan bersama pada file basis data project.

Mengenal Basis Data Relational
Basis Data Relational adalah sekumpulan tabel-tabel yang memiliki hubungan relasi secara matematika dan logika. Hubungan relasi antar tabel pada umumnya berupa query, yakni tata aturan relasi yang sudah disusun berdasarkan desain dan teknis basis data tertentu yang digunakan

http://id.wikipedia.org/wiki/OpenOffice.org


on , , ,

No comments

Leave a Reply