Obfuscated Code


Share on :
Sebenarnya apa itu "Obfuscated Code" ? mungkin banyak orang yang bertanya hingga harus berulang kali mengunjungi google serta membaca buku terus menerus untuk mencari pengertian dikarenakan kata "Obfuscated Code" tidak hanya ditemukan pada 1 bahasa pemograman.

Di artikel / post kali ini kita akan mempelajari apa itu Obfuscated Code dan kegunaan kita mempelajarinnya serta menerapkan teknik seperti ini bagi source code kita.




Apa itu Obfuscated Code ?

Inti dari pengertian Obfuscated Code dari beberapa sumber di internet yang saya baca tentang Obfuscated adalah teknik menyamarkan code dengan tujuan agar tidak dengan mudah dibaca orang lain serta meningkatkan dari sisi keamanan karena teknik ini membuat kita seolah-olah harus menyatukan sebuah puzzle agar dapat membacanya.

Obfuscated code is source or machine code that has been made difficult to understand for humans. Programmers may deliberately obfuscate code to conceal its purpose (security through obscurity) or its logic to prevent tampering, deter reverse engineering, or as a puzzle or recreational challenge for someone reading the source code. Programs known as obfuscators transform readable code into obfuscated code using various techniques. ( Wikipedia )

Alasan Obfuscated Code ?

Ada banyak alasan orang melakukan Obfuscated Code dan kali ini saya akan memberikan beberapa alasan menurut saya dan dari berbagai sumber yang saya baca baik dari media internet ataupun beberapa forum.

  • Melindungi kode kita
  • Melindungi algoritma kita
Tentunya lebih banyak lagi alasan melakukan Obfuscated Code apabila di explore lagi, ini hanya alasan yang sangat umunya saja.
http://en.wikipedia.org/wiki/Obfuscated_code
http://www.dreamincode.net/forums/topic/38102-obfuscated-code-a-simple-introduction/


on , , , ,

3 comments

3 comments

Leave a Reply